Minggu, 24 April 2016

SKCK

Oke, setelah sekian lama punya blog ⌨ dari waktu SMA dan ini tulisan pertama (dah lulus kuliah), bisa bayangkan berapa tahun blog ini menganggur? Hahahaa 
Sesuai judulnya, aku bakal bahas tentang bikin SKCK, tulisan ini aku buat karna informasi yang aku dapatkan selama ini, bagiku kurang... dan akibatnya, aku sampe harus 3x bolak balik sat reskrim...

SKCK... apa sih itu SKCK?
SKCK adalah Surat Keterangan Catatan Kepolisian, kayak gini nih... ini punya ane sendiri hohoho


Fungsi SKCK?
Kalau untuk aku sendiri, SKCK aku gunakan untuk mencari pekerjaan, karna ada beberapa perusahaan yang memberi syarat adanya SKCK.

Apa yang perlu disiapin untuk SKCK?
1. Pas Foto 4x6 Rapi BACKGROUND MERAH (tidak berlaku ganjil genap) bawa sekitar 15
2. Fotocopy KTP 2 lembar
3. Fotocopy Kartu Keluarga 2 lembar
4.  Fotocopy Akta Kelahiran 2 lembar
5. Surat pengantar dari Polres 1 lembar

Gimana cara dapetin SKCK?
Oke, aku disini bakal jelasin gimana aku dapet SKCK.
1.       Persiapin semua syarat-syarat diatas
2.       Kamu menuju polsek domisi, (aku domisili di umbulharjo yogyakarta, jadi aku menuju polsek umbulharjo yang letaknya ada di belakang XTSquare, di jalan perintis kemerdekaan, kalau dari arah timur, sebelum perempatan lampu merah kali mambu. Ntar utara jalan ada polseknya).
Nah, di polsek kamu ke bagian SKCK, ntar dibagian ini kamu diminta kumpulin syarat no 1-4... prosesnya gak lama kok, soalnya Cuma ngetik doang (kalau gak antri). Terus pas pulang kalian bakal dikasih 1 bendel yang isinya: FC KTP + KK + Akta kelahiran (maisng masing 1 lembar) + Surat pengantar polres + pas foto + aku kemaren diminta biaya administrasi seikhlasnya
3.       Kalian tinggal menuju ke sat reskrim polresta (karna aku dijogja, aku ke polresta yang belakang RS PKU).
Di polresta ini kalian ada 2 tahap, yaitu:
a.       Membuat data sidik jari: nanti disini kalian nulis data diri + nyerahin 2 pas foto 4x6 (background tetep wajib merah). terus semua sidik jari tangan kalian (kalau kaki gak perlu)  bakal di sentuhin ke papan besi yang udah ada tintanya, terus di cap in ke kertas. Terus di tulis dengan kode-kode sama petugasnya, kode ini yang ntar kepake buat ngurus di bagian SKCK. Kode ini berlaku seumur hidup. Biaya pembuatan Rp. 5.000
b.      Setelah rekam sidik jari, kalian ke bagian pembuatan SKCK (sebisa mungkin hindari sewaktu ada tes CPNS karna bakalan penuh). Disini kalian bakal disuruh ngisi form yang udah disediakan, jangan lupa bawa bolpen pokoknya. Terus pas udah dikumpulin dan dipanggil, kalian diminta kumpulin 1 bendel yang tadi dikasih sama pihak polsek. Setelah itu kalian bayar Rp. 10.000 (sesuai sama peraturan) tapi kalau dilegalisir jadi Rp. 15.000 (dan itu Cuma dapet 5 fotocopy legalisir yang kalau dikalkulasikan bearti 1 lembarnya Rp. 1.000).

4.       Selesai, kalian bisa pulang membawa SKCK

1 komentar: